Hi, guest ! welcome to Cempor Info. | About Us | Contact | Register | Sign In

Senin, 25 Juni 2012

Nikmatnya kerupuk kulit kerbau (Kuliner)

Berlangganan artikel via email!

Follow us!

 
Cempor, Brebes: Kulit kerbau ternyata tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk membuat bedug masjid semata. Di tangan sejumlah warga Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, kulit kerbau bisa menjadi camilan yang gurih dan renyah, yaitu kerupuk rambak.

Cara membuat kerupuk rambak tidaklah sulit. Pertama kulit kerbau yang sudah dibakar direbus sampai kulitnya benar benar empuk. Setelah direbus, kulit kerbau kemudian dipotong-potong kecil memanjang.

Selanjutnya, potongan-potongan tadi dijemur di bawah terik sinar matahari sampai kering. Biasanya proses penjemuran memakan waktu hingga satu minggu. Usai proses penjemuran, kerupuk rambak mentah yang sudah kering lalu digoreng ke dalam wajan berisi minyak panas.

Terkena minyak panas, ukuran kerupuk mengembang dan berubah warna menjadi putih kekuningan. Menurut Baroroh, pembuat kerupuk, kerupuk rambak dijual Rp 10 ribu per bungkus. Sedangkan untuk ukuran dus besar mencapai Rp 90 ribu.

Nah, jika Anda suatu hari bertandang ke Bumiayu, Brebes, jangan lupa untuk mencicipi kerupuk rambak. Sebab cita rasa kerupuk dari daerah ini lebih renyah dan gurih ketimbang kerupuk rambak daerah lain.(ULF)
Share this article now on :

Posting Komentar

 
back to top